Cara Menyembunyikan Tampilan Navigation Bar (Navbar) Pada Blogger

Posted by admin on Wednesday, August 11, 2010


Cara menyembunyikan tampilan Navigation Bar (Navbar) pada Blogger. Itulah judul artikel blog Doodey kali ini. Sesuai dengan judulnya, sekarang saya akan membahas mengenai hal itu.

”Bagaimanakah caranya?”

Sabar! :)

Sebelum saya memberitahu bagaimana cara untuk menyembunyikan navbar, pertama saya ingin mendeskripsikan sedikit, apa sih navbar itu?

Setiap blog yang dibuat di situs Blogger secara otomatis akan memiliki sebuah batangan horizontal navigasi (navigation bar) di bagian atas tampilan blog, seperti contoh gambar di bawah ini!


Sesuai dengan namanya, navigation bar (navbar) dirancang dan disesuaikan sebagai sarana navigasi pengunjung blog. Pada navbar, kita dapat melihat berbagai tombol pilihan, diantaranya terdapat kotak pencarian (Search) untuk mencari blog yang lain, dan tombol Next Blog untuk mengarahkan untuk mengarahkan pengunjung secara acak ke URL blog lain (masih dalam lingkup Blogger tentunya).

Namun sebagian blogger, navbar ini bukan elemen yang cukup fungsional, malah terkadang mereka menganggap kalau navbar itu merupakan elemen penggangu yang merusak tampilan blog mereka. Nah lho..!! :(

Beberapa hal yang dipandang merugikan dari Navbar, yakni :
  • Navbar seringkali dianggap merusak keutuhan dan keindahan dari tampilan desain sebuah blog yang dirancang oleh admin blog sendiri. Tampilan navbar yang seadanya dan kurang begitu estetis sulit untuk dibuat menyatu dengan elemen lain dari desain blog mereka.
  • Jika pemilik blog telah memasang Google AdSense for Search (Adsense untuk pencarian), mereka tentu lebih menginginkan pengunjung blog atau situs untuk melakukan sebuah pencarian dengan kotak pencarian Google disediakannya. Keberadaan kotak pencarian lain pada navbar dapat ‘mengacu’ peluangnya untuk mendapatkan uang tambahan dari AdSense for Search tersebut.
  • Keberadaan tombol Next Blog dapat menjadi bumerang bagi pengunjung. Mengapa? Bayangkan saja, ketika pengunjung menekan tombol Next Blog tersebut, mereka akan diarahkan secara acak (random) ke alamat blog lain yang juga menggunakan layanan Blogger. Apa jadinya jika pengunjung blog Anda kebetulan seorang di bawah umur, lalu dia menekan tombol tersebut, lalu diarahkan ke blog lain yang menyuguhkan materi-materi yang tidak senonoh? Bahaya! :(

Nah, dari deskripsi pendek di atas, untuk itu sekarang saya akan membagi tips kecil untuk Anda agar tampilan navbar bisa disembunyikan. Ikuti saja langkah-langkah berikut! :)

  1. Login dulu ke Blogger
  2. Pilih Layout
  3. Klik Edit HMTL
  4. Pada sembarang tempat di dalam area sektor body, yang dapat Anda lihat seperti ini :

body {
background:$bgcolor;
margin:0;
color:$textcolor;
font:x-small Georgia Serif;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
text-align: center;
}

  1. Tambahkanlah kode berikut ini

margin-top:0px;
position: relative;
top: -50px;

  1. Sehingga keseluruhan akan menjadi seperti ini (kode tambahan diberi warna merah)

body {
margin-top:0px;
position: relative;
top: -50px;
background:$bgcolor;
margin:0;
color:$textcolor;
font:x-small Georgia Serif;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
text-align: center;
}

Sedikit penjelasan!
Nilai (-50px) merupakan negatif dari lebar (width) navbar yang sebesar 50 pixel. Dengan menerapkan nilai yang berlawanan dari lebar navbar tersebut, tampilan navbar akan ‘dibenamkan’ seluruhnya sehingga tak lagi mengganggu pandangan. Jika nilai -50px terlalu besar hingga sebagian tampilan blog Anda ikut hilang, coba kurangi nilainya, misalnya menjadi -30px. Anda dapat mencoba nilai yang lain sesuka Anda.

Perlu dicatat juga bahwa trik yang kita lakukan di sini adalah untuk MENYEMBUNYIKAN (hiding), bukan MEMBUANG (remove) navbar. Artinya tindakan Anda tidak berlawanan dengan TOS (Terms of Service) alias kontrak hukum antara Anda selaku pihak pengguna layanan Blogger dengan Pyra-Blogger (penyedia layanan). Pada TOS memang disebutkan bahwa :



By creating your BlogSpot Site, you agree that Pyra has the right to run such advertisements and promotions.

You also agree that you will not attempt to block or otherwise interfere with advertisements displayed on your BlogSpot site via JavaScript or any other means. Doing so is grounds for immediate termination of service. The manner, mode and extent of advertising by Pyra on your BlogSpot Site are subject to change.



Kalau mau sedikit “cangkeman” alias adu mulut secara yuridis, yang kita lakukan di sini bukanlah mencoba untuk melanggar pasal mengenai “block or otherwise interfere with advertisements displayed on your BlogSpot site via JavaScript or any other means“ sebagaimana disebutkan dalam kontrak di atas dengan cara membuang navbar, melainkan sekadar melakukan reposisi tampilan navbar tersebut sesuai dengan kebebasan pemilik blog untuk memodifikasi desain blognya. Biarpun hasilnya sama (navbar tak lagi terlihat) namun implikasi hukumnya akan berbeda.

Ok, sekian tips dari saya tentang “Cara Menyembunyikan Tampilan Navigation Bar (Navbar) Pada Blogger” yang sudah kita praktekan tadi. Semoga apa yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat dan berguna buat Anda. :)

Terima kasih.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment