Tips Dasar Memilih Template Blog Yang SEO Friendly

Posted by admin on Wednesday, August 11, 2010

Kali ini blog Doodey akan membahas mengenai bagaimana cara memilih template blog yang SEO friendly. Saya memang masih blogger newbie yang baru belajar tentang SEO blogspot, tetapi saya juga ingin membagi-bagi ilmu ke blogger lain yang masih newbie juga seperti saya. Semoga bisa belajar sama-sama ya! hehe...

Inilah sedikit tips dari saya. Simak baik-baik ya... :)

Bagi saya, ini merupakan suatu hal yang lumayan penting untuk menunjang efektifitas kita dalam belajar SEO, sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang optimasi belajar seo untuk pemula yang terjejer dalam point-point standar. Setelah kita menerapkan point-point dalam artikel tersebut tentunya dalam membuat blog pun kita memerlukan template, nah template bagaimana yang bagus bagi kita apalagi bagi para pecinta optimasi mesin pencari sudah seharusnya sangat berhati-hati dalam memilihnya.

Ada beberapa point yang akan kita pelajari disini, dan tetap saja sangat mendasar karena memang khusus pemula dari pemula juga, sama seperti saya. :)

Tampilan Template
Perhatikan tampilannya, lebih baik Anda memilih template yang jauh dari banyaknya pemakaian gambar, karena dengan semakin banyaknya gambar pada template maka akan semakin memakan waktu loading yang lama alias berat dan akan menambah berat blog kita nantinya. Saran dari saya pilihlah template yang simple, tidak banyak gambar dan fast loading.

Selain itu juga, jangan terlalu banyak menggunakan java script, terutama pada kolom sidebar. Dengan penggunaan java script yang terlalu banyak sangat bisa sekali membuat loading blog kita menjadi semakin berat. Tidak mau kan blog yang kita cintai ini ditinggal oleh visitor hanya karena “lola” (loading lambat)?? Nah, tentunya semua akan berpikir begitu. Jadi, usahakanlah untuk tidak terlalu banyak menggunakan java script di blog Anda.

Jika mungkin memang penggunaan java script di blog Anda tidak boleh dihapus (biasanya java script untuk elemen yang penting-penting), Anda bisa meng-compress kode java script nya terlebih dahulu. Cara mengcompress java script bisa dibaca disini!

Struktur Kode Template
Dalam template tentunya ada banyak kode-kode yang membuat kita pusing. Daripada harus membaca dan memahami satu-persatu kode tersebut anda hanya perlu memahami beberapa saja, seperti penempatan tag h1, h2, h3 dan seterusnya.

Dari berbagai sumber yang saya dapat alangkah baiknya bila kita memilih template yang mempuyai tag h1 nya hanya 1, tidak diulang-ulang beberapa kali, misalnya tag h1 nya berada pada Judul blog, maka pada Judul postingan blog lebih baiknya menggunakan tag h2. Tag h2 boleh diulang beberapa kali sama dengan tag h3 dan seterusnya.

Jika judul blog sudah menggunakan h1 dan judul postingan pada h2 maka struktur kode template Anda akan teratur dan berurutan dimulai dari angka 1 dst. Dengan begitu maka sudah sesuai dengan peraturan dari robot search engine yang biasa mengindeks nya dengan turutan yang berurutan.

Valid Kode Template
Mungkin bagi platform wordpress sudah banyak sekali template-template yang memang tercipta telah valid struktur css nya dan xhtml, tapi sayangnya bagi blogspot sangat susah mencari template yang valid. Hal ini juga harus diperhatikan oleh kita, pintar-pintar memilihnya saja karena dengan validnya kode template yang kita pakai maka akan membantu kita dalam optimasi belajar SEO.

Jika kita bisa mengerti beberapa point dasar dalam memilih template seo friendly di atas maka bisa saja atau kemungkinan besar blog kita akan disukai oleh robot search engine, dan biasanya para penyedia template telah memampang informasi tentang template yang ia suguhkan apakah sudah valid dan yang lainnya.

Harapan saya pintar-pintarlah Anda dalam menentukan sebuah pilihan, dan jangan sering-sering bergonta-ganti template karena tidak disukai oleh search engine. Mudah-mudahan dapat berguna yah sebagai pegangan.

Sekian dulu dari saya ya, semoga bermanfaat.

Oiya, jika mungkin ada saran atau masukan lainnya tentang yang dibahas kali ini, tuliskan saja saran atau masukan Anda di kotak komentar. Terima kasih. :)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment