Ingin Menjadi Blogger Profesional? Ini Syaratnya!

Posted by admin on Thursday, January 27, 2011

Belajar SEO Blogspot – Menjadi blogger profesional itu sebenarnya tidak sulit, asalkan mau bekerja keras dan terus berkarya. Dilihat dari sisi manapun blogger profesional lebih banyak mendapatkan hasil ketimbang dengan blogger amatir. Misalkan saja untuk mencari uang lewat internet. Mereka menggunakan aktivitas bloggingnya untuk meraup rejeki. Lihat saja sudah banyak blogger profesional yang banyak meraup keuntungan hanya lewat aktivitas blogging ini. Jika sobat tertarik dengan hal itu, berikut adalah 10 syarat yang harus sobat ketahui sebelumnya jika ingin menjadi seorang blogger profesional.


Ingat ! Semua hal di bawah ini tentunya harus diikuti dengan kerja keras dan terus berdoa ! ;)

1.      Waktu

Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya.

Sobat tentunya mungkin pernah melihat seorang blogger yang ngeblog hanya kurang dari 1 jam per harinya, namun bisa meraih penghasilan ratusan ribu dolar per bulannya! Ini dikarenakan saat pertama merintis karir ngeblognya, dia menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blognya itu. Ini hanya masalah waktu.

2.      Keahlian

Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila dia memilih topik afiliasi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, dia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3.      Kemampuan menulis

Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

Mau tau bagaimana cara menulis dengan baik? Baca di halaman ini !

4.      Pengetahuan teknis blogging

Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

5.      Pengetahuan blogging

Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, facebook, podcast, youtube, dan autoresponder.

6.      Kemampuan mendesain blog

Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.


7.      Pengetahuan bisnis/marketing

Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

8.      Kreatif dan Inovatif

Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

9.      Memiliki jaringan (network)

Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan).

10.  Kemampuan berkomunikasi

Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.


Nah, dengan 10 syarat di atas tadi, sobat sekarang sudah tau apa saja syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang blogger profesional. Tapi tetap harus diingat, dengan mengikuti 10 syarat di atas, bukan berarti sobat langsung disebut blogger profesional, harus ada kerja keras dan terus berdoa seperti apa yang tadi saya katakan sebelumnya di atas.

Ok, sekian dulu. Sampai bertemu dalam postingan belajar seo selanjutnya..

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment